Usir Nyamuk dengan Tanaman


Beberapa cara dilakukan untuk mengusir nyamuk atau mencegah nyamuk agar tidak datang, seperti obat nyamuk bakar (namun terkadang kita tak tahan dengan bau asapnya), obat nyamuk semprot (takut terkontaminasi oleh kandungan kimia yang ada di dalamnya). Lalu pakai apa?

Ada cara alami mencegah nyamuk agar tak singgah ke rumah, yakni dengan meletakkan tanaman tertentu:
1. Zodia (Evodia suaveolens scheff)
Tanaman paling efektif mengusir nyamuk. Tanaman ini berasal dari Papua dan sejak dulu digunakan oleh suku di sana sebagai tanaman obat.

Zodia termasuk tanaman yang menyenangi matahari, karena itu tanaman ini harus dikeluarkan dari ruangan setiap hari. Penyiramannya tidak usah terlalu sering, cukup dua kali seminggu.

2. Geranium (Pelargonium graveolens)
Geranium sebenarnya lebih cocok berada di udara dingin. Udara Jakarta masih memungkinkan tanaman ini hidup, namun daun-daunnya akan tumbuh kecil. Jika batangnya mulai memanjang dan daun mulai berkurang, geranium harus segera dipangkas. Daun pun akan tumbuh kembali.
Berbeda dengan Zodia, Geranium harus sering disiram dan dipupuk terus menerus.

3. Lavender (Lavandula spp.)
Aroma lavender tidak sekeras Geranium dan Zodia sehingga lebih efektif jika dioesi ke badan. Lavender sangat membutuhkan matahari, sehingga harus diletakkan di tempat yang tidak ternaungi. Tempat teduh justru bisa menggugurkan bunganya.

Diletakkan dimana ?
Tanaman-tanaman antinyamuk tersebut dapat diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Yang paling tepat adalah menaruhnya di dekat jendela pintu, ventilasi, dan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.
Selain mencegah nyauk masuk ke dalam rumah, hembusan angin bisa membuat tanaman ini menyebar.

Tip
Jika tanaman sudah rimbun, sebaiknya tanaman tetap berada di luar. Petik saja beberapa lembar daun yang sudah tua, letakkan di atas piring dan letakkan di dalam ruangan. Daun di atas piring ini bisa tahan sampai dua bulan.
Untuk mendapatkan tanaman tersebut, silahkan tanyakan di pasar bunga atau lihat saja di tetangga kita, bila ada yang punya tak ada salahnya dikembangkan di lingkungan kita bukan !

Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/home-and-garden/2072606-usir-nyamuk-dengan-tanaman/#ixzz25TdQ6UuM

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

 
Selamat datang di Karawang Community, semoga artikelnya bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa tinggalkan komentar...