Cara Mengembalikan setting ".exe" yang corrupt


Entah karena kerjaan virus, trojan, malware lainnya ato apalah, kadangkala komputer kita jadi “bingung”. File-file aplikasi yang berekstensi (berakhiran) .exe malah tidak bisa terbuka dan malah minta suatu program untuk membukanya. Biasanya muncul window pop-up yang minta association untuk membuka program ini, dan kadang karena kita menganggapnya biasa saja, atau malah meremehkannya, kita ‘main klik’ saja, dan akibatnya FATAL!!!

Contoh kejadian nih, teman di sekolah saya yang laptopnya ber-OS Windows 7 semua aplikasinya terbuka melalui Internet Explorer (IE). Jadi pas dia mau membuka program lain semisal winamp, Microsoft Word dll, yg kebuka malah Internet Explorer terus. Jelas fatal kan? Pas itu saya masih bingung bagaimana cara mengembalikannya, biasanya sih membuka Registry Editor (regedit.exe) en ngubek-ngubek disana nanti masalahnya ditemukan. Eh, parahnya program regedit ini kan juga berakhiran .exe juga kan? Dan akhirnya yg terbuka Internet Explorer lagi. Wah, parah !. Akhirnya, dengan berat hati, terpaksa laptop itu di-install ulang OS-nya setelah sebelumnnya mem-backup data-data yang ada. Jelas pekerjaan yang melelahkan dan menjengkelkan! Betul kan?

Nah, setelah itu pas asyik membuka artikel di sebuah blog komputer di suatu sore setelah jam sekolah, dengan bermodalkan keyword “How to restore .exe file” di google, googling saya kali ini memunculkan sekitar 12,000,000 hasil pencarian. Wah, gimana nih? Akhirnya dengan sedikit nekat,  saya coba saja cara-cara “gabungan” dari sekitar 4 forum dan 3 blog. Singkat kata, begini nih caranya :

1. Klik Start, lalu Run, dan ketik regedit. Lalu cari alamat ini:

 HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ FileExts \ .exe \ UserChoice

CATATAN:

  1. Dalam kasus yang saya temukan di atas, regedit tidak bisa dibuka dengan cara di atas, oleh karena itu kita tidak akan bisa untuk open, import ataupun merge file registry. Untuk membukanya coba cara ini :Tekan tombol CTRL-ALT-DEL secara bersamaan, lalu buka Task Manager. Lalu klik File, lalu tekan dan tahan tombol CTRL dan klik New Task (Run). Nanti akan terbuka window baru, yaitu Command Prompt (kita dulu biasanya menyebutnya DOS Box). Ketik REGEDIT.EXE lalu tekan Enter.
  2. Bila masih tidak bisa, kita ‘terpaksa’ mengunduh alias mendownload file untuk memperbaiki registry windows yang kacau balau. Silahkan unduh file exefix_cu.reg  DI SINI . Setelah diunduh, klik kanan pada file exefix_cu.reg tersebut dan pilih merge.

2. Setelah ditemukan lokasi “TKP” seperti tertera dalam cara yang pertama di atas, coba perhatikan, ada sebuah value bernama Progid di panel sebelah kanan.

Progid akan memuat sejumlah informasi yang berkaitan dengan aplikasi .exe file (seperti contoh kasus di atas yaitu Applications\Notepad.exe, Applications\IExplore.exe, atau sebuah Programatic Identifier seperti txtfile, jpegfile dsb). Lalu coba klik panah di sebelah folder .exe, maka muncul 2 sub folder yang bernama OpenWithList dan OpenWithProgids. Nah, akar masalah kita ini ada di folder OpenWithList tadi. Coba perhatikan, ada string (Default), a, b, c dst, dan MRUList. Naaaahhh, cukup DELETE saja string a, b, c dst yang ada disana. Pastikan hanya tertinggal string (Default) dan MRUList saja yang tertinggal di sana. Sudah? Matikan registry editor, dan restart komputer anda. Insya ALLAH, masalah .exe anda beres!
(Dan jika masih tidak ada perubahan cheat facebook saya aja)

Kasus untuk tipe file lain
Untuk meng-undo “Open With Setting” bagi tipe file lain, carilah lokasi registry di lokasi yang serupa (ganti keyword .exe pada alamat registry di atas dengan file yang anda butuhkan untuk di-restore.

contoh:
HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ FileExts \ .xyz \ UserChoice
Dimana .xyz adalah file extension yang anda ingin undo dengan Open With setting.


0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

 
Selamat datang di Karawang Community, semoga artikelnya bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa tinggalkan komentar...